Sukses Tembus Pasar Global, Bekraf Kembali Perkenalkan Produk Lokal di Festival SXSW AS 2020

TopNewssumatera.Komitmen membangun pilar ekonomi baru di tanah air, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berencana mengusung ICINC Presents Archipelageek Moving Upward at South by Southwest (SXSW) 2020 pada Festival seni kreatif dan teknologi terbesar dunia yang akan digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat, 13-22 Maret 2020 mendatang. 

Sebagai salah satu partisipan, Indonesia melalui Paviliun Archipelageek terus konsisten terlibat dalam pameran akbar ini. Indonesia bahkan sudah empat kali turut serta dalam ajang festival terbesar ini.

“Antusiasme dan ketertarikan yang sangat tinggi dari para pengunjung SXSW 2019 yang berasal dari seluruh penjuru dunia terhadap kerativitas, inovasi dan karya tepat sasaran milik perwakilan delegasi Indonesia semakin membuktikan produk dan karya ekonomi kreatif Indonesia mampu dan siap memasuki pasar global,” ungkap Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik dalam jumpa pers di CoHive D Lab, Selasa (6/8/2019).

Terkait tema ICINC sendiri, kata Ricky, merupakan bagian dari semangat ‘naik kelas’ bagi para pelaku ekonomi keratif Indonesia untuk terus melangkah maju ke depan sekaligus mampu menciptakan produk lokal bernilai global yang siap menembus pasar dunia.
  
“Harapan kami, keikutsertaan talenta kreatif di ICINC Presents Archipelageek Moving Upward at SXSW 2020 tidak hanya memposisikan produk ekonomi kreatif Indonesia dalam ekosistem industri kretaif dunia, tetapi juga memiliki peran aktif sebagai game changer dalam pertumbuhan ekosistem industri kreatif di pasar lokal dan global,” cetus Ricky.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Pemasaran Bekraf, Josua Puji Mulia Simandjuntak mengatakan berkaca dari pengalaman sebelumnya ketika mengikuti pentas seni terbesar dunia itu (SXSW), telah mendorong para delegator (pelaku ekonomi kreatif Indonesia–red) untuk terus melakukan terobosan baru dalam menjawab tantangan global. 

“Pengalaman mengikuti SXSW beberapa tahun ini, Bekraf menemukan besarnya potensi subsektor aplikasi dan pengembang permainan di pasar global. Oleh karena itu, program Archipelageek Moving Upward di SXSW 2020 akan membawa satu nilai baru yang berfokus pada hal ini,” pungkasnya.

Diketahui, pada ajang festival SXSW sebelumnya, Bekraf berhasil membawa tujuh perusahaan rintisan lokal, Ars., MTarget, Nodeflux, TeleCTG, Noore Sport Hijab, Dicoding, Knok Percussion, hingga memberikan pendukungan kepada musisi Dhira Bongs di SXSW 2019. 

Tidak hanya itu, di 2019 ini Bekraf juga memberikan pendukungan penuh terhadap program Hello Dangdut. Program ini bertujuan membawa musik dangdut ke masyarakat dunia yang mana disebut-sebut sebagai musik penuh kegembiraan serta sangat paling banyak diminati di pasar AS. 

Atas keberhasilan itu, Bekraf pun berharap dapat memberikan kesempatan lebih besar bagi pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk memasuki pasar global.(red)
Share on Google Plus

About TopNews

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar