Aksi Demo Selama Dua Hari Tutup Akses Jalan PT TEL, Akhirnya Berhasil di Mediasi

Muara Enim, TopNewss - Setelah melalui mediasi, PT Tanjungenim Lestari (TeL) yang  di Demo Masyarakat Desa Dalam Kecamatan Belimbing Kabupaten Muaraenim,selama Dua hari  berturut turut,Senin,(05/11/2019).

Dan setelah dilakukan mediasi antara pihak masyarakat dan pihak perusahaan, pada Selasa,(06/11/2019) akhirnya pihak perusahaan dan masyarakat sepakat dengan beberapa tuntutan,diantaranya, pihak perusahaan menyepakati untuk membantu pembangunan Masjid Al-Hikmah Desa Dalam, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim.

Mediasi itu dilakukan setelah masyarakat Desa Dalam melakukan aksi demo di jalan menuju PT TeL selama dua hari, Senin dan Selasa kemarin.

Massa pendemo bahkan sempat memblokir akses masuk menuju perusahaan bubur kertas tersebut.

“Insya Allah PT TeL siap membangun Masjid Al-Hikmah secara bertahap yang dimulai dengan pembangunan plafon serta pembangunan MCK dan tempat wuduh oleh subkon PT TeL,” kata HR GA & CSR DIV Head Mochammad Ambrodji di Gedung Learning Center PT TeL pada media ini.

Selain membantu pembangunan Masjid, PT TeL juga akan menyuplai air bersih dua hari sekali ke Desa Dalam dan membantu enam unit tempat penampung air (tedmond).

Penerimaan karyawan pun telah dilakukan secara tertib dan informasi selalu disampaikan melalui Disnaker, camat, dan kades-kades.

Selain bantuan tersebut, saat di mediasi berlangsung beberapa subkon PT TeL juga siap membantu pembangunan Masjid Al-Hikmah.

Perwakilan masyarakat desa Dalam Gunawan dalam penyampaiannya mengatakan, bahwa aksi demonstrasi ini dilatarbelakangi kecemburuan sosial masyarakat yang menilai bantuan yang diberikan PT TeL kepada Desa Dalam tidak sebanding dengan pendapatan PT TeL.

Begitu juga dengan penyerapan tenaga kerja lokal dari Desa Dalam yang sangat minim dan terkesan tidak transparan.

“Untuk itu, kami minta PT TeL mengambil alih pembangunan Masjid Al-Hikmah secara total. Kita juga menuntut pihak perusahaan agar terbuka dalam segala bidang ke masyarakat termasuk berkaitan dengan dan CSR dan penerimaan karyawan,”pungkasnya.

Pantauan dilapangan, mediasi antara PT TeL dan masyarakat Desa Dalam ini difasilitasi oleh Polres Muaraenim dibawa pimpinan Kabag Ops Kompol Irwan Andeta, Kasat Intelkam dan Kapolsek Gunung Megang AKP Feryanto.

Dari Manajemen PT TeL dihadiri Direktur Umum dan SDM PT TeL PP Fauzan, Manajer CSR Najamudin dan sejumlah pimpinan Subkon di PT. TeL PP. Sementara dari masyarakat diwakili oleh delapan orang.(Deni)
Share on Google Plus

About TopNews

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar